--> Skip to main content

ROYAL JELLY

Apa sih royal jelly itu ?


Royal jelly adalah susu hasil sekresi lebah sebagai makanan ratu lebah.


Apa saja kandungan dan manfaatnya ?

1. Mengandung vitamin B kompleks

Walaupun banyak sekali kandungan lain berupa karbohidrat, protein, dan lemak, susu lebah pun mengandung vitamin B. Beberapa jenis vitamin B yang seringkali ada di dalam makanan ratu lebah ini termasuk:

Tiamin (B1)
Riboflavin (B2)
Niasin (B3)
Asam pantotenat (B5)
Pyridoxine (B6)
Biotin (B7)
Inositol (B8)
Asam folat (B9)

2. Meningkatkan imunitas tubuh, khususnya terhadap alergi

Berdasarkan sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal International Immunopharmacology, royal jelly dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dikatakan bahwa respons histamin terhadap alergen dapat ditekan, hingga bisa membantu meringankan alergi . Namun masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai royal jelly terhadap  dampak alergi.

3. Anti Aging

Universitas Kyung Hee di Korea melaksanakan Sebuah riset dan menyatakan  bahwa minum suplemen royal jelly bisa menurunkan risiko penuaan dini pada kulit dan bisa mengurangi dampak paparan radiasi sinar ultraviolet. Efek antiaging pada kulit ini dikarenaka kandungan kolagen yang tinggi.

4. Anti inflamasi

Madu memang telah lama dikenal baik dalam penyembuhan luka, apalagi royal jelly lebih baik dibanding madu. Hal ini juga sesui dengan uji coba dalam sebuah riset dengan teknik mengoleskan royal jelly pada luka kemudian mendiamkannya dalam waktu 2x 24 jam. Hasilnya, luka tertutup dan kering lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh kadar lipid yang meningkat sehingga luka sembuh lebih cepat.

5. Anti hipertensi

Protein dalam royal jelly dapat mengendurkan sel otot pada arteri Jantung. Itulah sebabnya, makanan ratu lebah ini pun disebut dapat menurunkan tekanan darah secara perlahan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

6. Tonic rambut

Royal jelly telah dipakai sejak lama untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Hal ini diakibatkan adanya kandungan biotin yang tinggi di dalamnya. Biotin ialah vitamin yang dapat merangsang keratin yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

7. Afrodisiac

Menurut Pengobatan China Kuno, Royal jelly dipercaya dapat menambah gairah hubungan suami istri.



Efek samping royal jelly


Sama dengan Bee Pollen (Lihat POLEN) Royal jelly bisa jadi aman untuk orang yang tidak mempunyai alergi pada protein madu. Namun, untuk mereka yang mempunyai alergi, konsumsi royal jelly dapat merangsang munculnya reaksi alergi serius seperti asma, bengkak pada tenggorokan, serta luka di usus besar yang disertai dengan sakit perut dan diare berdarah.

Untuk mengetahui apakah tubuh kita sensitif atau toleran terhadap royal jelly. Lakukan test sederhana  dengan cara mengoleskan royal jelly pada kulit kepala, jika terjadi peradangan dan ruam alergi, berarti tubuh Anda sensitif terhadap jenis protein royal jelly tersebut. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi royal jelly ini.

Dapatkan Seluruh Kebaikan Royal Jelly Asli dengan sekali klik
KLIK DISINI


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar