--> Skip to main content

MADU HUTAN

MADU LEBAH HUTAN ATAU APIS DORSATA


Emangnya Apa sih beda madu hutan sama madu biasa.

Berikut ini adalah perbedaan dari Madu Hutan dan madu ternak :

1. Jenis Lebah :

Madu Ternak dihasilkan dari jenis Apis Mellifera Lihat Apis Melifera

Madu Hutan dihasilkan dari jenis Apis Dorsata

2. Ukuran tubuh

Lebah Madu Ternak berukuran sedang, tidak sekecil klanceng dan tidak sebesar lebah madu hutan.

Lebah Madu Hutan berukuran paling besar diantara jenis-jenisn lebah yang lain yatu mencapai 2,5 cm

3. Endemik

Lebah madu Ternak (apis melifera) berasal dari luar negri bukan asli Indonesia.

Lebah madu hutan (apis dorsata) Asli dari kawasan Sub Tropis Seperti Nepal, India, Philipina dan Indonesia. Lebah ini tidak ada diluar Asia. Dan Indonesia mempunyai jenis lebah apis dorsata sangat banyak. Seluruh provinsi punya, sekitar 80 persen jenis Lebah di Indonesia adalah jenis ini. Lebah hutan ini adalah lebah madu Asia yang sangat produktif menghasilkan madu.

4. Asal madu

Lebah madu Ternak (apis melifera) mengambil nektar dari bunga tumbuhan sejenis atau uniflora, kandungan madu yang dihasilkan monoton.

Lebah madu Hutan (apis dorsata) mengambil nektar dari berbagai macam bunga tumbuhan atau multiflora

5. Higienitas

Lebah madu Ternak (apis melifera) mengambil nektar dari tumbuhan yang terdekat dengan sarang. Jadi Kita tidak bisa memastikan apakah tumbuhan yang diambil nektarnya diberi pupuk kimia atau tidak, disemprot pestisida buatan atau tidak.

Lebah madu Hutan (apis dorsata) mengambil nektar dari berbagai macam bunga tumbuhan yang ada di alam bebas. Jadi Kemungkinan akan paparan bahan-bahan kimiawi sangat kecil. Jadi dipastikan madu yang dihasilkan 100% Organik




6. Fase Vakum 

Lebah madu Ternak (apis melifera) tidak akan menjauh dari Sarang, jadi Lebah ternak ini melulu tergantung pada peternak dan musim. Ketika musim bunga di suatu wilayah sudah habis. Dan peternak belum bisa menemukan wilayah dimana ada banyak nektar dari tumbuhan yang berbunga. Maka Peternak Lebah harus menyediakan cairan gula sebagai ganti nektar, kalau tidak maka lebah ternak akan mengalami kematian massive.

Lebah madu hutan mengambil makanan langsung dari alam, Koloni Mereka sudah terbiasa untuk bermigrasi. Jadi mereka adalah lebah Mandiri yang tidak mengandalkan Manusia maupun musim.

7. Tekstur Madu

Madu Lebah Ternak memiliki tekstur yang pekat, mengandung sedikit air.

Madu Lebah Hutan teksturnya  lebih cair dibanding madu ternak, hal ini disebabkan kontur hutan lebih basah sehingga madu yang didapatkan berisi lebih banyak air.


Nah Teman Teman Begitulah Perbedaan Madu Hutan dengan madu Ternak biasa. Kalian mau pilih yang mana, silahkan saja :)

Dapatkan Seluruh Kebaikan Madu Hutan Asli dengan sekali klik
KLIK DISINI


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar