--> Skip to main content

PROPOLIS

PROPOLIS, APA DAN BAGAIMANA ?

Propolis adalah getah (resin) yang dikoleksi lebah madu dari sekian banyak  aliran getah atau tunas pohon. Lebah memanfaatkan Propolis untuk menutupi atau membetulkan celah kecil yang berukuran tidak lebih lebar dari 6 milimeter pada sarangnya. Sedangkan untuk lubang yang lebih besar Lebah memakai LILIN. Warna Propolis tergantung warna sumber tumbuhannya, kebanyakan  berwarna coklat tua. Tekstur propolis lengket pada suhu kamar ke atas. Sementara Teksturnya akan menjadi keras dan rapuh ketika suhu rendah kurang dari 20 °C.

Fungsi Propolis bagi lebah yaitu memperkuat stabilitas serta mengurangi getaran di dalam sarang Lebah. Sebagai pertahanan alami sarang lebah dengan cara memblokir seluruh kemungkinan celah pada sarang lebah serta mencegah bakteri dan parasit menginjak sarang, jika pun Bakteri masuk maka Propolis berfungsi untuk menghambat pertumbuhannya. Lalu bagaimana seandainya ada hewan terlanjur masuk ke dalam sarang, maka koloni lebah membunuh dan mengawetkan / memumikan dengan tujuan mengisolasi bangkai hewan tersebut agar tidak membahayakan kondisi dan situasi sarang lebah.

Ternyata Manusia pun sudah lama memanfaatkan Propolis, tercatat bahwa pendeta Mesir kuno memakai propolis sebagai bahan mengawetkan mumi. Ibnu Sina mengidentifikasi Propolis sebagai malam yang berwarna gelap sebaga kotoran dari sarang. Sementara lilin yang berwarna jernih dikenali sebagai bahan untuk menciptakan sarang. Lilin yang berwarna gelap ini maksudnya Propolis diketahui mempunyai sifat membersihkan. Bangsa Asiria kuno meyakini propolis sebagai obat melawan tumor dan kanker. Sementara Bangsa Yunani memanfaatkannya untuk mengobati bisul dan abses. Bangsa Georgia meracik salep yang berisi propolis guna mengobati sejumlah penyakit. Propolis dipakai sebagai minyak telon untuk bayi. Propolis juga dipakai untuk mengobati kutil, juga berbagai jenis Peradangan.



Propolis memang memiliki banyak manfaat. Tetapi sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi propolis, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan atau penyakit tertentu. Beberapa eksperimen terhadap tikus menunjukkan propolis dapat memperbaiki pemulihan luka bakar, luka kecil serta infeksi. Tapi penelitian masih dalam skala kecil dan belum teruji secara sahih.

Efek Samping dari Propolis sama dengan POLEN maupun ROYAL JELLY. Perlu diperhatikan bahwa senyawa dalam propolis dapat memperlambat proses pembekuan darah. Jadi jangan mengonsumsi propolis selama dua minggu sebelum tindakan operasi. Begitu juga bagi ibu hamil dan menyusui, lebih baik menghindari pemakaian propolis, sebab belum terbukti keamanannya bagi bumil maupun busui.

Manfaat propolis antara lain antimikroba, antioksidan serta disinfektan alami. Seperti madu yang memiliki kandungan serta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia. Kandungan terbanyak ialah senyawa polifenol yang bertugas sebagai antioksidan yang tinggi. Propolis dipercaya dapat melawan bakteri, virus, dan jamur.

Propolis bermanfaat untuk mengobati luka pada bibir yang melepuh (cold sore) maupun sariawan serta meminimalisir rasa sakit. Obat Herpes kelamin serta obat kumur. Propolis juga digunakan dalam pengobatan berbagai jenis infeksi, peradangan, luka. Digunakan juga sebagai obat Tuberkolosis, Tumor serta berbagai jenis Kanker, Propolis juga sering dimanfaatkan untuk luka bakar ringan.

Dapatkan Seluruh Kebaikan Propolis Asli dengan sekali klik
KLIK DISINI





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar