--> Skip to main content

LILIN (BEESWAX)

LILIN LEBAH ATAU MALAM (BEESWAX)


Lilin lebah atau malam (Beeswax) di produksi dari polimer sarang lebah. Produk ini dihasilkan dengan cara mengekstrak sarang lebah. Pada bagian inilah berbagai senyawa penting yang bermanfaat untuk kehidupan manusia tersedia.

Lilin lebah didapatkan dari delapan kelenjar lilin lebah pekerja yang masih produktif, jadi semakin tua semakin tidak produktif. Awalnya warna lilin lebah berwarna putih ketika keluar dari kelenjar, namun perlahan menjadi kuning, bahkan kecoklatan, dikarenakan bercampur dengan polen dan propolis. Untuk menghasilkan satu gram saja lilin lebah diperlukan sekitar 1100 lapisan.

Lebah mengorbankan produksi madu guna menghasilkan lilin lebah. Berdasarkan percobaan Whitcomb tahun 1946, sekitar 6.66 hingga 8.8 pound madu didapatkan 1 pound lilin lebah. Penelitian Les Crowder, menemukan angka 24-30 pounds lilin lebah per 1 pound madu. Sumber lain mengatakan lebah menghasilkan sampai 22 pound madu per satu pound lilin lebah. Sebenarnya variasi penemuan ini bergantung pada tahap pertumbuhan koloni, sebab tidak seluruh ruang dalam sarang lebah dipakai untuk menghasilkan madu, sebagian ruang dalam sarang lebah juga digunakan untuk menyimpan larva lebah dan zat lainnya. Lilin lebah ini mempunyai titik didih rendah, jadi akan mendidih ketika dipanaskan pada suhu 62°C-64°C.

Pemanfaatan lilin lebah oleh manusia sudah sejak lama di samping getah perca, tanduk, cangkang kura-kura, dan shellac. Lilin lebah sudah ditemukan di makam firaun, kapal viking, dan reruntuhan romawi. Karena, ternyata lilin lebah dapat dimanfaatkan pada furnitur kayu dan koleksi kerajinan berbahan kulit untuk meningkatkan keindahan, ketajaman warna. Melindungi dari paparan sinar matahari atau ultraviolet. Menjaga dari cipratan air atau menyusun lapisan waterrepellant produk. Menjaga elastisitas kerajinan bahan kulit. Mencegah pelapukan pada kayu. Lilin lebah juga sebagai bahan baku model patung, semir sepatu, campuran zat pewarna lukisan dan ornamen. Berbagai alat musik perkusi bisa disesuaikan nada yang dihasilkannya dengan mengoleskan lilin lebah.



Lilin lebah bisa dimakan bisa juga sebagai bahan tambahan makanan. Di samping itu, lilin lebah dapat dipakai sebagai bahan kosmetik mulai dari menjadi bahan utama pelemab, lipstick dan sekian banyak kosmetik lainya. Tak terkecuali bahan utama pomade atau gel rambut untuk lelaki.
Bahan utama Moisturizer pada pelembab wajah, badan bahkan bibir. Umumnya bibir yang kasar dan kering, diterapi dengan mengusapkannya pada bibir. Juga sebagai pengisi lubang pada gigi

Digunakan juga pada bidang farmasi sebagai anti peradangan dan anti bakteri. Oleh karena itu lilin lebah digunakan juga untuk mengatasi jerawat. Kandungan emolien pada lilin juga berfungsi menyembuhkan peradangan. Anti peradangan pada lilin lebah mampu meredakan nyeri pada osteoarthritis. 23 partisipan dalam sebuah penelitian merasakan pengurangan rasa nyeri dalam riset.

Korean jurnal of internal medicine menyatakan lilin lebah mengandung antioksidan yang tinggi sehingga lilin lebah sangat baik dikonsumsi untuk menjaga organ liver atau hati. Aroma yang dimunculkan olehh lebah ini dapat dipakai sebagai perelaksasi alami terhadap stress. Sangat baik dalam mengontrol mood

Dapatkan Seluruh Kebaikan Lilin Asli dengan sekali klik
KLIK DISINI




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar